Rabu, 07 November 2012

Burung nuri terpintar (the smartest parrot)


Suatu hari, seorang pria memiliki burung nuri yang indah. Tidak ada burung nuri lain seperti itu. Burung nuri ini bisa mengatakan kata apapun, kecuali satu kata. Nuri ini tidak bisa mengatakan nama tempat di mana ia dilahirkan. Nama tempat itu adalah Catano.
Pria itu merasa senang memiliki burung nuri pintar tapi dia tidak bisa mengerti mengapa si nuri tidak bisa mengatakan Catano. Pria itu mencoba mengajari burung untuk mengatakan Catano Namun burung itu tetap tidak bisa mengucapkan kata Catano.
Pada awalnya, pria itu sangat baik kepada si nuri tetapi kemudian ia menjadi sangat marah. "Kau burung bodoh!" Umpat pria itu kepada burung nuri. "Mengapa kamu tidak bisa mengucapkan Catano? Katakanlah Catano! Atau aku akan membunuhmu "kata pria itu dengan marah. Meskipun ia berusaha keras untuk mengajarinya, nuri tetap tidak bisa mengucapkan kata itu. Kemudian pria itu sangat marah dan berteriak kepada burung berulang kali, "Katakanlah Catano atau aku akan membunuhmu". Burung itu tetap tidak mau mengucapkan kata Catano.
Suatu hari, setelah ia telah menyerah untuk membuat burung mengatakan Catano, pria itu benar-benar sangat marah. Dia tidak bisa menahanya. Dia mengambil burung nuri dan melemparkannya ke dalam kandang ayam. Ada empat ayam tua untuk makan malamnya "Kau bodoh seperti ayam. Tinggal saja bersama mereka "Kata pria itu marah. Kemudian ia berkata, "Kau tahu, aku akan memotong ayam untuk makan. Selanjutnya adalah giliranmu, aku akan makan kau juga, burung nuri bodoh ". Setelah itu ia meninggalkan rumah ayam.
Keesokan harinya, pria itu kembali ke rumah ayam. Dia membuka pintu dan sangat terkejut. Dia tidak percaya apa yang dilihatnya di kandang ayam. Tiga ayamnya mati di lantai. Saat itu, burung nuri itu berdiri dengan bangga dan berteriak pada ayam tua terakhir, "Katakanlah Catano atau aku akan membunuhmu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar